Informasi

Klaim Allianz: Ini Dia Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Pinterest LinkedIn Tumblr

Memiliki asuransi di zaman sekarang seakan menjadi kebutuhan penting. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang tidak tertarik memiliki produk perlindungan ini lantaran khawatir sulit mengurus klaimnya.

Padahal asuransi sangat dibutuhkan sebagai proteksi dari berbagai resiko yang mungkin menimpa di masa depan, seperti sakit, kecelakaan, meninggal dunia, dll.

Sehingga diharapkan tidak mengalami kerugian dari segi finansial ketika mengalami berbagai resiko buruk tersebut.

Klaim Allianz maupun asuransi apapun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, asalkan sebelum membeli produk asuransi para nasabah membaca dan memahami terlebih dahulu isi polis.

Dalam membeli produk asuransi, hal utama yang perlu dilakukan adalah memahami isi polis asuransi terlebih dahulu.

Karena dari berbagai kasus, sering ditemukan klaim asuransi yang tidak dibayarkan dikarenakan resiko dikecualikan dalam polis. Akan tetapi nasabah merasa manfaat asuransi tidak seperti yang diharapkan dengan saat membeli polis.

Oleh karena itu, menghindari hal ini terjadi, sebaiknya baca dengan teliti dan dipahami baik-baik isi polis agar mengetahui manfaat dan resikonya. Sehingga nantinya juga tidak mengalami berbagai hambatan ketika melakukan klaim asuransi.

Baca Juga : Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Gajinya Pas-pasan Agar Tidak Sampai Minus

Memahami isi polis dengan seksama menjadi kunci dalam mengajukan klaim Allianz ataupun klaim asuransi lainnya agar tidak ditolak. Setidaknya ada beberapa penyebab klaim asuransi ditolak berikut ini:

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

1. Polis sedang tidak aktif atau lapse.

Penyebab klaim asuransi tidak disetujui salah satunya bisa dikarenakan sudah tidak aktif atau lapse.

Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti pembayaran premi jatuh tempo, atau bisa juga karena polis asuransi berbentuk unitlink dimana polis dianggap lapse ketika nilai tunai asuransi tidak mencukupi untuk menutup biaya asuransi.

2. Klaim tidak termasuk dalam klausal.

Pentingnya memahami isi polis asuransi adalah untuk mengetahui kriteria apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam tanggungan asuransi.

Karena tak jarang nasabah melakukan klaim yang tidak termasuk dalam isi polis, sehingga klaim ditolak.

3. Pengajuan klaim asuransi melebihi waktu yang ditentukan.

Asuransi memiliki batas waktu tertentu untuk pengurusan klaimnya, sehingga perlu diperhatikan betul.

4. Dokumen pengajuan klaim yang tidak lengkap.

Agar klaim asuransi bisa disetujui, pastikan Anda mengikuti prosedur dengan benar. Salah satunya dengan memastikan dokumen klaim yang Anda serahkan benar-benar lengkap. Karena kurang satu dokumen saja bisa menyebabkan klaim ditolak.

5. Masih berada pada masa tunggu atau waiting period.

Pembeli polis asuransi tidak bisa melakukan klaim jika masih dalam masa tunggu. Oleh karena itu, perhatikan hal ini agar klaim tidak ditolak.

6. Sudah menderita sakit sebelum membeli polis.

Pemegang polis yang terbukti sudah menderita sakit parah sebelum membeli polis asuransi, maka ketika mengajukan klaim akan ditolak.

7. Klaim yang diajukan termasuk dalam pengecualian.

Ada beberapa yang menjadi pengecualian dalam klaim asuransi. Contoh pada asuransi jiwa misalnya, klaim akan ditolak jika termasuk dalam pengecualian, seperti meninggal karena bunuh diri, melakukan kejahatan, atau hukuman pengadilan.

Sedangkan untuk asuransi kendaraan, yang menjadi pengecualian, seperti penggunaan kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya, dll.

8. Pemegang polis melanggar hukum.

Klaim asuransi juga bisa ditolak ketika pemegang polis melakukan tindakan pelanggaran hukum, seperti memiliki asuransi mobil namun menggunakannya untuk berkendara secara ugal-ugalan, tidak menggunakan SIM kemudian menyebabkan kecelakaan, dll.

Karena ada banyaknya penyebab klaim asuransi ditolak, maka sebaiknya cermati, pelajari, dan pahami dengan baik isi polis ketika membeli asuransi.

Seperti ketika Anda membeli asuransi Allianz, entah itu produk asuransi jiwa, kesehatan, atau kendaraan, pastikan sudah memahami dengan baik agar nantinya klaim Allianz yang Anda lakukan juga bisa disetujui dan bisa memberikan manfaat bagi Anda sendiri.

Write A Comment